Soal & jawaban jarkom UAS

Kelompok Bandwidth Manager

- Jelaskan secara singkat tentang arsitektur bandwidth management?

A:     Arsitektur dari bandwidth manager sendiri hampir sama dengan beberapa arsitektur jaringan lain,  dengan menggunakan Antamedia bandwidth manager anda hanya butuh arsitektur berupa

 

( Internet ) — [ Server ] <- Antamedia Bandwidth Manager/Hotspot — Wireless AP – )))) Client

 

- Bagaimana metode dan arsitektur pada load balancing? jelaskan!

A: metode load balancing:

.ketika ISP 1 dan ISP 2 hidup, maka trafik akan di lewatkan pada kedua ISP tersebut

.ketika  ISP 1 DC/down, maka otomatis jalur trafik akan dilewatkan ke ISP 2

.ketika ISP 2  DC/down, maka otomatis jalur trafik akan dilewatkan ke ISP 1

:struktur/topologi:

ISP 1        ISP 2

\           /

\      /

\   /

Router (Load balancing)

|

|

Access Point

 

- Sebutkan dan jelaskan secara singkat tentang bagaimana cara membagi bandwidth!

A:     Cara membagi bandwidth ada 4 macam. yaitu:

a. limiter, membagi bandwidth sesuai dengan paket yang dibeli oleh client/pengguna. cara ini berhubungan dengan kecepatan penggunaan

b. pembatasan transfer data, membagi bandwidth sesuai dengan kuota yang diberikan kepada para client. Jadi setiap client diberikan kuota maksimum untuk mengakses internet.

c. algoritma penjadwalan, dengan menggunakan penjadwalan antrian FIFO dari paket yang terkirim. paket akan ter-buffer dan mengantri, menghasilkan berbagai waktu tunda dalam jaringan.

d. Pembagian merata, dengan cara membagi secara merata dari bandwidth yang dimiliki oleh server kepada para client.

 

————————————————————————————————

Kelompok Site Blocking

- Ada berapa cara melakukan site blocking beserta kelebihan dan kekurangannya!

A:     cara melakukan site blocking bisa menggunakan server bisa juga secara langsung dari router atau aksespoin yang ada, dengan memberikan salah satu keyword yang mana keyword tersebut akan di blok aksesnya oleh server/router/aksespoin.

(+)    memberikan batasan kepada client agar tidak membuka website yang tidak senonoh atau juga membuka jejaring sosial pada jam sibuk dikarenakan mengakses jejaring sosial dapat menghabiskan bandwidth.

(-)    mengurangi akses dari client. biasanya client tidak suka dibatasi. Dan memilih untuk mencari akses lain. Dapat dijebol oleh client. Mempengaruhi website lain, contohnya jika memblok kata kunci “SEX” maka akan memblok semua yang memiliki kata tersebut dalam pencarian. Hal ini mengganggu jika client menggunakan kata tersebut untuk mencari tahu soal “SEX” untuk pelajaran (yang bersumber dari wikipedia bukan konten porno).

 

- Sebutkan dan jelaskan tentang konsep dasar QoS!

A: QoS mengacu pada kemampuan jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik pada trafik jaringan tertentu melalui teknologi yang berbeda-beda. QoS merupakan suatu tantangan yang besar dalam jaringan berbasis IP dan internet secara keseluruhan. Tujuan dari QoS adalah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan layanan yang berbeda, yang menggunakan infrastruktur yang sama. QoS menawarkan kemampuan untuk mendefinisikan atribut-atribut layanan yang disediakan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

 

- Apa yang anda ketahui tentang: Mikrotik, Router, NAT, Switch, DHCP!

A: -Mikrotik = sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

-Router = sebuah device yang berfungsi untuk m eneruskan paket-paket dari sebuah netw ork ke netw ork yang lainnya (baik LAN  ke LAN  atau LAN  ke W AN ) sehingga host-host yang ada pada sebuah netw ork bisa berkom unikasi dengan host-host yang ada pada netw ork yang lain. Syarat disebut suatu router adalah sedikitnya ada 2 interface LAN  Card (ethernet) yang terpasang.

-NAT = suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan, dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.

-Switch = Switch adalah suatu perangkat yang di gunakan di layer data-link. Sama hal nya dengan hub, switch menghubungkan banyak hosts ke network. Namun tidak seperti hub, sebuah switch bisa langsung meneruskan pesan ke tempat yang dituju tanpa membroadcast pesan tersebut ke semua host. Ketika suatu host mengirim pesan ke host lain dalam jangkauan switch, switch tersebut menerima dan menerjemahkan frame dari pesan tersebut untuk membaca MAC address nya.

-DHCP = (Dynamic Host Configuration Protocol) protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

 

————————————————————————————————

Kelompok QoS

- Sebut dan jelaskan parameter QoS?

A:

1. Rate

Rasio jumlah bits yang dipindahkan / ditransmisikan antar dua perangkat dalam satuan waktu tertentu, umumnya dalam detik. Bit rate sama dengan istilah lain data rate, data transfer rate dan bit time.

2. Latency (maximum packet delay)

Latency didefinisikan sebagai total waktu tunda suatu paket yang diakibatkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya. Delay di dalam jaringan dapat digolongkan sebagai berikut delay processing, delay packetization, delay serialization, delay jitter buffer dan delay network.

3.Packet loss atau error

Packet loss adalah merupakan suatu parameter yang menggambarkan suatu kondisi yang menunjukkan jumlah total paket yang hilang.

4. Jitter

Jitter, didefinisikan sebagai variasi dari delay atau variasi waktu kedatangan paket. Banyak hal yang dapat menyebabkan jitter, diantaranya adalah peningkatan trafik secara tiba-tiba sehingga menyebabkan penyempitan bandwith dan menimbulkan antrian. Selain itu, kecepatan terima dan kirim paket dari setiap node juga dapat menyebabkan jitter.

 

5.Throughput

Throughput, yaitu kecepatan (rate) transfer data efektif, yang diukur dalam bps. Troughput merupakan jumlah total kedatangan paket yang sukses yang diamati pada destination selama interval waktu tertentu dibagi oleh durasi interval waktu tersebut. (sama dengan, jumlah pengiriman paket IP sukses per service-second).

 

 

- Jelaskan cara kerja load balancing

A:

.menggunakan metode failoffer: ketika salah satu koneksi DC/down, maka akan dialihkan ke jalur yang lain

.apa bila menggunakan dua koneksi internet sebagai load balancing, load balancing tidak menambah bandwidt jadi cuma ada pengalihan dari isp1 ke isp2, lebih pada kestabilan koneksi, bukan pada kebandwith yang bertamba

 

 

- Gambarkan dan jelaskan penggunaan squid dalam QoS?

A:

 

(internet) — SERVER(squid) — client

 

Squid disini melakukan caching pada data2 yang diakses oleh client yang kemudian disimpan kedalam server squid sendiri. Dimana file cache tersebut akan diakses ulang oleh client yang lain yang mengakses file yang sama sehingga mempercepat akses internet pada client (untuk membuka youtube, client tidak perlu meng-buffer ulang.

 

———————————————————————————————–

Kelompok Bandwidth Monitor dengan cacti

- Gambarkan dan jelaskan arsitektur bandwidth monitor dengan cacti?

A:

(Agen SNMP)

[PC|SNMP]<—>[RRD Tool]<—>[Cactigraph]

/\                    /\         \

/  \                  /  \          \

data    gambar  PHP  MySQL  \

\

\

[Client 1|SNMP]

/ \

/   \

data    gambar

 

untuk gbr yang lebih jelas

 

- metode apa yang digunakan pada load balancing? jelaskan!

A: - Metode Load`Balancing dengan Software

Performa proses load balancing dipengaruhi oleh prangkat komputer yang digunakan, tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan software yang canggih saja. Perangkat keras yang dapat mempengaruhi performa metode ini adalah kartu jaringan yang digunakan, besarnya RAM pada perangkat, media penyimpanan yang besar dan cepat, dsb. Sehingga performa metode ini sulit untuk bisa diperkirakan

 

- Apa yang dimaksud RT/RW net dan tujuannya?

A: RT/RW-Net adalah jaringan komputer swadaya masyarakat dalam ruang lingkup RT/RW melalui media kabel atau Wireless 2.4 Ghz dan Hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat yang bebas dari undang-undang dan birokrasi pemerintah.

- Tujuan :

a. Membuat semacam Intranet yang berisi berbagai macam informasi tentang kegiatan yang ada di lingkungan sekitar/sharing informasi.

b. Turut serta dalam pengembangan internet murah di masyarakat.

c. Membangun komunitas yang sadar akan kehadiran teknologi informasi dan internet.

d. Mempromosikan setiap kegiatan masyarakat RT/RW ke Internet sehingga komunitas tersebut dapat lebih di kenal dan bisa dijadikan sarana untuk melakukan bisnis internet, seperti pemanfaatan internet untuk pembayaran tagihan telpon, listrik, pengecekan Saldo Bank , pemesanan tiket Pesawat dll.

 

———————————————————————————————–

Kelompok load balancing

1. Apa keuntungan load balancing dengan software?

A: Apa keuntungan load balancing dengan software?

- tingkat kemudahan pengoperasiannya yang sudah lebih user friendly dibandingkan jika mengonfigurasi switch load balancing

– jika ada fitur tambahan atau ada versi upgrade terbaru, tidak perlu mengganti keseluruhan perangkat load balancing ini. Namun karena proses logikanya berada di dalam sebuah software, maka tentu untuk menggunakannya dibutuhkan sebuah platform sebagai tempat bekerjanya. Perangkat komputer dengan spesifikasi tertentu pasti dibutuhkan untuk ini.

 

2. Apa manfaat site blocking dalam jaringan Komputer?

A: Apa manfaat site blocking dalam jaringan Komputer?

- mencegah user mengakses situs-situs yang berbau negatif seperti pornografi, phising, exploit dan lain-lain

– Selain itu juga melindungi pengguna dalam membuka suatu website yang terdapat banyak virus, malware, spyware dan lain-lain.

 

3. Jelaskan dan gambarkan tentang algoritma round robin?

A: Jelaskan dan gambarkan tentang algoritma round robin?

Algoritma Round Robin merupakan algoritma yang paling sederhana dan banyak digunakan oleh perangkat load balancing. Algoritma ini membagi beban secara bergiliran dan berurutan dari satu server ke server lain sehingga membentuk putaran.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s